Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tanda Tidak Terduga Penyakit Hati yang Menunjukkan Anda Perlu Mengunjungi Dokter ASAP

Hati adalah organ yang sangat penting yang bertanggung jawab atas banyak fungsi dalam tubuh kita - bisa berakibat fatal jika gagal. Saat ini,  diperkirakan 5,5 juta orang  Amerika menderita penyakit hati kronis atau sirosis. Jadi, penting untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan hati untuk memperingatkan Anda tentang sesuatu yang serius.


Kami mengumpulkan 8 tanda hati yang rusak yang menunjukkan mengapa Anda harus segera pergi ke dokter.


1. Anda mungkin mengalami kulit dan mata Anda menjadi kuning.






Jika Anda memiliki gejala ini, hati Anda kemungkinan besar akan bermasalah. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit kuning yang menyebabkan pigmentasi kuning pada kulit, putih mata, dan lendir. Warna kuning muncul karena bilirubin berlebih yang memiliki pigmen kekuningan-oranye yang ditemukan dalam empedu hati.


Ketika hati sehat, ia dengan mudah menghilangkan bilirubin. Tetapi jika rusak parah, Anda benar-benar menguning.


2. Anda mungkin merasa lelah dan lelah.


Bukan hanya kelelahan dasar tetapi sesuatu yang lebih. Kelelahan ditandai dengan kurangnya energi mental dan fisik. Anda tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Terkadang Anda bisa merasakannya hanya di pagi hari dan rasanya seperti siksaan untuk bangun dari tempat tidur. Lain kali Anda bisa merasakannya sepanjang hari.


3. Anda mungkin mengalami pembengkakan perut.



Pembengkakan perut bisa menjadi salah satu gejala yang lebih tidak nyaman yang menyebabkan rasa sakit. Ini terjadi ketika cairan tertahan di perut. Dalam beberapa kasus, perut Anda bisa membengkak sehingga Anda hamil. Sebagai akibat dari penumpukan cairan, Anda juga mungkin mengalami pembengkakan kaki dan pergelangan kaki.

4. Anda mungkin kurang nafsu makan dan penurunan berat badan.



Biasanya, dokter mendefinisikan ini lebih dari 10% penurunan berat badan. Kondisi seperti itu juga dapat dihubungkan dengan pembengkakan perut. Ketika Anda sangat kembung, Anda tidak benar-benar ingin makan. Sangat sulit makan karena setiap kali Anda mungkin merasakan sakit.


5. Anda mungkin memperhatikan spider angioma di kulit Anda.



Angioma laba-laba terlihat seperti jaring arteriol kecil yang melebar yang terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika Anda menemukannya di bagian atas dada, tangan, leher, dan wajah, itu bisa menjadi tanda penyakit hati.


6. Anda mungkin menemukan memar di tubuh Anda.



Jika hati Anda rusak, produksi protein berhenti atau menjadi lebih lambat. Ini menyebabkan pembekuan darah yang buruk. Itu sebabnya orang dengan kerusakan hati akan berdarah atau memar lebih mudah daripada orang sehat.

7. Air seni Anda mungkin berwarna gelap.



Nuansa bisa berbeda tetapi secara umum, warna urin Anda akan terlihat lebih gelap dari biasanya. Anda mungkin mengalami warna cokelat, oranye gelap, atau kuning. Ini terjadi karena kelebihan bilirubin yang sama di hati yang tidak dapat memecahnya.


8. Anda mungkin merasa gatal.



Tentu saja, setiap orang terkadang merasa gatal! Tetapi dalam kasus-kasus di mana hati Anda dalam kesulitan, Anda mungkin mengalami lebih banyak kulit gatal yang lebih terlokalisir. Itu terjadi karena racun yang hati tidak bisa saring lagi. Ketika tubuh Anda sangat mabuk, Anda mungkin merasa sangat gatal, terutama di malam hari.


Bagaimana Anda merawat hati Anda? Silakan menulis komentar dan bagikan bagaimana Anda melindungi hati Anda dari kerusakan.