Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara untuk Menyingkirkan Masalah Rektal Tanpa Operasi

Sayangnya, masalah dubur dapat memengaruhi siapa pun kapan saja dan ini berarti bahwa banyak orang - mahasiswa, karyawan kantor, atlet, dan hampir semua orang bisa mengalami ini. Tetapi ada sesuatu yang dapat Anda lakukan di rumah yang akan membantu Anda menghilangkan gejala-gejalanya dan bahkan dapat membantu Anda menyingkirkan masalahnya sama sekali!

Kami telah mengumpulkan daftar 11 cara untuk menghilangkan wasir tanpa harus menjalani operasi.

1. Istirahat di tempat tidur



Posisi telentang paling nyaman bagi mereka yang menderita wasir karena dengan cara ini dimungkinkan untuk menghilangkan sensasi nyeri di daerah panggul dan anus. Selain itu, disarankan untuk menggunakan supositoria obat yang akan menghilangkan proses inflamasi pada malam hari.

Posisi yang paling cocok untuk tidur adalah berbaring di sisi tubuh Anda dan yang terbaik adalah bergantian antara berbaring di sisi kiri dan kanan sehingga darah tidak mandek. Tidak disarankan untuk tidur telentang karena posisi ini memudahkan darah mengalir ke dilatasi vena pembuluh rektum, sehingga meningkatkan tekanan pada area ini.

2. Lidah buaya


Lidah buaya adalah obat yang sangat baik yang memungkinkan penyembuhan masalah pada tahap awal pengembangan dan dapat membantu menghilangkan ketidaknyamanan pada tahap selanjutnya. Salah satu keuntungan terbesar tanaman ini adalah hypoallergenic, yang berarti dapat membantu menghilangkan proses inflamasi dan meningkatkan penyembuhan jaringan secara cepat.

Ketika diambil secara lisan, lidah buaya dapat memiliki efek pencahar. Kotoran lunak berarti bahwa mukosa dubur tidak akan terluka.

Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya dalam bentuk lotion, rebusan, kompres, dan supositoria. Metode-metode ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak serta dapat menghentikan pendarahan. Kompres wasir lidah buaya sangat efektif. Ini harus diterapkan setidaknya 30 menit.

Resep kompres:
1. Gunakan kain kasa atau perban khusus.
2. Lipat beberapa kali dan rendam dalam rebusan.
3. Perban harus diaplikasikan dengan hati-hati ke daerah yang terkena dan ditutup dengan plastik.
-

3. Gunakan kekuatan bawang putih.


Karena sifat anti-inflamasinya, bawang putih digunakan untuk mengobati wasir karena benar-benar menghancurkan infeksi di pembuluh darah dan menghilangkan peradangan selanjutnya. Bawang putih membantu mengurangi "benjolan" hemoroid dan tidak menyebabkan rasa tidak nyaman.

Resep untuk pasta bawang putih:
1. Campurkan satu sendok teh madu, 20 g bawang putih cincang halus dan 50 ml susu.
2. Rebus campuran sambil terus mengaduknya. Massa yang menebal harus hati-hati digiling dan dibiarkan meresap selama sekitar 3 jam.
3. Oleskan salep ke tampon dan gunakan sebelum tidur. Anda juga bisa melumasi simpul hemoroid yang meradang.
4. Salep dapat digunakan sampai pemulihan.

4. Kenakan pakaian katun longgar.


Jika Anda menderita wasir, Anda harus memilih pakaian yang terbuat dari katun. Pakaian dalam dari katun meningkatkan sirkulasi udara yang baik yang menenangkan kulit sensitif. Sangat penting untuk mengganti pakaian dalam Anda setiap hari. Disarankan juga untuk mengenakan pakaian yang tidak kencang sehingga kulit Anda memiliki ruang untuk bernafas.

5. Makan lebih banyak serat.


Usus harus bekerja dengan lancar dan efek seperti itu dapat dicapai melalui diet konsisten sayuran yang kaya serat - roti gandum, buah-buahan, plum, oatmeal, soba, dan gandum. Serat membantu menghilangkan racun, menormalkan kadar kolesterol darah, dan meningkatkan volume massa feses, memperkuat peristaltik usus.

6. Tambahkan berangan kuda ke dalam makanan Anda.


Penggunaan kastanye kuda dalam wasir membantu mengatasi peradangan dan mengurangi gejala bahkan pada tahap akut. Sifat-sifat tanaman membantu memperkuat dinding pembuluh yang terletak di rektum dan mengurangi peradangan selaput lendir. komposisi semua bagian tanaman mencakup sejumlah besar unsur mikro, kalsium, besi, kromium, yodium, dan perak. Anda bisa menambahkannya ke makanan Anda atau mengoleskannya ke kulit Anda.

Tidak dianjurkan untuk orang yang: alergi terhadap komponen apa pun; memiliki neoplasma ganas dalam bentuk apa pun; wanita hamil; anak-anak; dan ibu menyusui.

Resep jus dari bunga berangan kuda:
  • 1 sdt jus segar diencerkan dalam 200 ml air.
  • Minum satu gelas jus encer bunga kastanye kuda 3 kali sehari selama 10-15 menit sebelum makan. Dengan mengambil obat ini, Anda tidak hanya akan menghilangkan wasir tetapi juga akan menormalkan saluran pencernaan.

Resep salep dari bunga berangan kuda:
  • Giling 10 g bunga kastanye kuda kering dan campur dengan 100 ml minyak sayur.
  • Lebih baik menggunakan minyak zaitun karena memiliki zat terapeutik lebih banyak daripada minyak lainnya. Biarkan campuran meresap dalam wadah kaca dengan tutup selama seminggu di tempat yang dingin dan gelap.
  • Gunakan salep untuk melumasi wasir eksternal 3-5 kali sehari. Anda akan merasakan efek penyembuhan salep dari bunga kastanye setelah 2-3 hari perawatan. Rasa sakit dan pembengkakan pada benjolan hemoroid akan hilang dengan cepat.

7. Berenang, berjalan, dan berlari.


Gaya hidup yang tidak bergerak adalah faktor yang terbukti dalam pengembangan wasir. Banyak pasien dengan wasir keliru percaya bahwa penyakit ini berarti mereka tidak dapat pergi ke gym. Ini adalah kesalahpahaman umum.

Faktanya, selama periode remisi, itu tidak hanya mungkin, tetapi sebenarnya perlu untuk aktif dan berolahraga. Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa perlu memilih jenis kegiatan yang tepat. Jika dokter Anda tidak benar-benar meresepkan istirahat di tempat tidur, maka berjalan kaki singkat atau berolahraga ringan tidak akan membahayakan. Jika Anda disuruh pulih dengan tetap di tempat tidur, tanyakan kepada dokter Anda jika ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan sambil berbaring.

Jenis-jenis kegiatan yang direkomendasikan bagi mereka yang menderita wasir biasanya berjalan, jogging, berenang, bermain ski - kegiatan yang “membubarkan” darah, memperkuat sistem kardiovaskular, dan pada saat yang sama, tidak mengerahkan otot-otot perut dan panggul.

8. Jangan memaksakan diri dan membaca di toilet.


Meskipun mungkin tampak tidak berbahaya, duduk di toilet untuk waktu yang lama dapat menyebabkan penampilan atau memburuknya wasir yang sudah ada.

Jika Anda tegang saat duduk di toilet, tekanan di rongga perut naik dan pembuluh darah di rektum akan membengkak. Pengulangan proses ini, terutama jika itu panjang, dapat menyebabkan trombosis (penyumbatan pembuluh darah) atau perkembangan wasir.

9. Buat kompres dingin.


Karena es memiliki efek anestesi dan hemostatik, dingin dapat menjadi cara terbaik untuk mengobati rasa sakit wasir. Suhu dingin membuat pembuluh darah (termasuk vena di rektum) menjadi lebih sempit, yang menyebabkan aliran darah menjadi kurang melimpah dan berkurang atau lenyapnya pendarahan sama sekali.

Untuk membuat kompres, letakkan perban atau tisu yang dilipat dalam air dingin dan tempelkan ke nodus hemoroid selama beberapa menit. Ini akan cukup untuk "mendinginkan" peradangan dan untuk menghilangkan rasa sakit.

10. Minumlah lebih banyak air.


Tidak minum cukup air sepanjang hari adalah salah satu penyebab stagnasi darah dan kematian sel, yang akhirnya dapat menyebabkan wasir. Kekurangan air menyebabkan darah menebal yang kemudian mengarah pada kemunduran pergerakan darah melalui sistem kapiler rektum. Ini menyebabkan penampilan atau eksaserbasi wasir. Jadi, penting untuk minum lebih sering dan selalu membawa sebotol air.

11. Mandi air hangat dengan garam.


Garam efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan dapat membantu menghilangkan peradangan. Salah satu cara paling efektif untuk mengobati wasir adalah dengan mandi garam:

1. Larutkan 500 g garam dalam 2-3 liter air matang.
2. Pastikan air didinginkan sehingga tidak membakar kulit wilayah anal.
3. Larutan garam harus dituangkan ke dalam baskom lebar yang nyaman untuk diduduki sehingga anus terendam dalam air. Anda bisa duduk sampai airnya dingin.

Yang terbaik adalah melakukan ini sebelum tidur. Dianjurkan untuk mengulangi prosedur ini selama 3 hingga 5 hari. Mandi garam semacam itu dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan resorpsi wasir. Jika perlu, prosedur dapat diulang selama diperlukan.

Apa pendapat Anda tentang saran yang disebutkan dalam artikel? Apakah Anda punya tips sendiri? Bagikan kepada kami di komentar!