Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Langkah untuk Mencampur Seni dan Sains untuk Kesuksesan Pemasaran


Beberapa pemasar modern menyarankan pemasaran hanya sains, didorong oleh data analitik, penempatan yang dihitung, dan pengiriman pesan. Ilmu di balik pemasaran sering gagal mempertimbangkan faktor-faktor jangka panjang. Pemasar yang fokus pada data langsung kampanye, konversi dan arahan hanya memperhatikan efek dari praktik jangka pendek. Metodologi ini tidak berkelanjutan ketika mempertimbangkan kebutuhan untuk blok bangunan jangka panjang yang lebih kuat dalam rencana pemasaran yang terperinci


Pada kenyataannya, pemasaran menuntut perpaduan kedua aliran pemikiran. Jika dirumuskan dengan benar, sains dan karya seni bekerja bersama untuk menciptakan kampanye pemasaran modern yang berhasil yang menghasilkan peningkatan kesadaran merek, generasi pemimpin, dan pendapatan.


Manfaatkan sains untuk menentukan keputusan utama sambil memaksimalkan kemampuan seni untuk melibatkan khalayak dengan nuansa estetika.

Memahami perilaku pelanggan dan menerapkan strategi yang tepat sangat penting dalam menyeimbangkan aspek sains dan seni pemasaran digital. Sehubungan dengan data pelanggan, pemasaran adalah ilmu pengetahuan dan seni. Sains akan memimpin, mengukur, dan mengoptimalkan konten sementara seni akan menginspirasi dan menciptakan generasi pemimpin.


Untuk mengembangkan pendekatan pemasaran yang seimbang antara sains dan seni, pertimbangkan faktor-faktor psikologis yang mendorong semua perilaku konsumen:

8 Langkah untuk Mencampur Seni dan Sains untuk Kesuksesan Pemasaran


Keterlibatan: Ciptakan rasa personalisasi, minat, dan rasa ingin tahu. Buat hubungan positif antara pelanggan target Anda dan produk atau layanan Anda.

Keserakahan: Memanfaatkan keinginan pelanggan Anda untuk membuat kesepakatan dengan menunjukkan nilai dan penawaran online yang kompetitif.

Waktu: Sesuaikan iklan dan rilis produk dengan tren musim dan permintaan.

Otoritas: Konsumen membeli dari otoritas. Ketika harga sama, pembelian dilakukan berdasarkan persepsi otoritas dan jaminan. Kata sifat dengan konotasi positif seperti 'terbesar' dan 'terbaik' menarik bagi otoritas. Elemen kunci lain dalam menegaskan otoritas terkait dengan fokus pada kualitas. Kualitas situs web Anda, promosi online, dan kapan serta di mana Anda beriklan menentukan tingkat jaminan konsumen. Pesan yang dibuat secara strategis dan ditujukan untuk audiens target adalah semua faktor yang meningkatkan persepsi otoritas

Asosasi: Kaitkan produk Anda dengan sesuatu yang sudah diketahui atau dilakukan oleh konsumes

Komunitas: Semua orang ingin menjadi bagian. Buat rasa memiliki dalam proses penjualan Anda melalui testimonial, salinan inklusif, dan ulasan. Melakukan hal ini menarik audiens, meningkatkan peluang untuk meningkatkan konversi timbal dan pendapatan penjualan.

Kepuasan: Menjamin kepuasan produk. Jika konsumen berpikir mereka tidak dapat membuat kesalahan dengan pembelian, mereka lebih cenderung untuk mengkonversi. Misalnya, perusahaan yang menawarkan jaminan uang kembali untuk pelanggan yang tidak puas menghilangkan hambatan pembelian tambahan dan menunjukkan otoritas melalui janji profesional.

Urgensi: Biasanya, konsumen biasanya akan menunggu kesepakatan terbaik sebelum membeli produk dan layanan. Berikan insentif untuk menutup penjualan dengan memberi tahu konsumen mengapa mereka harus membeli sekarang daripada nanti.